Senin, 09 Februari 2015

Calon Guru, Rahma Praktik Ngajar di Singapura

Calon Guru, Rahma Praktik Ngajar di Singapura

Calon Guru, Rahma Praktik Ngajar di Singapura
Mahasiswi UNY Rahma Fitirani menjalani praktik mengajar di Sekolah Indonesia Singapura. (Foto: dok. UNY)
JAKARTA – Namanya calon guru, tentu harus merasakan pengalaman praktik mengajar. Salah satu mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merasakan pengalaman tersebut dengan mengajar di Singapura.
Rahma Fitriana menjalani praktik mengajar tersebut setelah mengikuti serangkaian proses seleksi program Pengayaan Pengalaman Mengajar (PPM). Program ini merupakan hasil kerjasama antara UNY dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura. Dari hasil seleksi tesebut, Rahma termasuk mahasiswa yang terpilih untuk dapat mengajar di Sekolah Indonesia Singapura (SIS).
Mahasiswi terbaik Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) UNY tersebut diberikan kesempatan untuk mengajar bahasa Inggris SMP dan SMA, baik menggunakan kurikulum nasional maupun Cambridge. Dia mengajar di kelas VIII, IX, XI dan XII.
"Meskipun begitu, saya dan mahasiswa praktikan seringkali mendapat tugas mengajar pada kelas lain, seperti kelas VII, kelas X, bahkan tingkat sekolah dasar. Pernah suatu kali, saat salah seorang guru SIS sedang mendapat tugas studi banding ke Myanmar, saya mengajar IPA untuk siswa kelas tiga SD,” ujar Rahma, seperti dinukil dari laman UNY, Selasa (10/2/2015).
Salah satu pengalaman Rahma adalah menemui siswa yang sudah amat pandai berbahasa Inggris namun tidak bisa berbahasa Indonesia. Dia juga menemukan banyak siswa yang belum bisa berbahasa Inggris.
"Namun, ada juga yang masih belum bisa menggunakan ungkapan greetings dengan tepat," terang Rahma.
Tak hanya mengajar, di sana Rahma juga diberikan kesempatan untuk mencicipi kegiatan lain seperti menjadi tenaga administrasi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kerja (P3K). Ini merupakan lembaga kursus yang diselenggarakan KBRI untuk para TKI di Singapura.
Selain itu Rahma juga berpartisipasi dalam ASEAN Gala Night, yang merupakan agenda rutin tahunan berupa pameran dari kedutaan besar negara ASEAN yang berada di Singapura. "Kegiatan ini memamerkan berbagai hal, mulai dari makanan khas, info pariwisata, hingga tari-tarian," katanya.

sumber: http://news.okezone.com/read/2015/02/10/65/1103834/calon-guru-rahma-praktik-ngajar-di-singapura

0 komentar:

Posting Komentar