Jumat, 18 November 2016

Sedekah Bumi, Tradisi Tahunan warga Desa Pasir

Sedekah Bumi, Tradisi Tahunan warga Desa Pasir

 

    Kebumen, Sabtu,05 November 2016 , bertempat di depan kantor Kelurahan Pasir jalan Logending, tepat pukul 10.00 WIB warga Desa Pasir melakukan prosesi sedekah bumi. Hal itu merupakan tradisi yang mereka lakukan dalam tiap tahunnya. Acara tersebut selain dihadiri oleh warga Desa Pasir, Tokoh agama,  juga tampak hadir Lurah Pasir, Bapak Sukamso.
    Para warga berkumpul di sepanjang jalan logending persisnya di depan kantor Kelurahan Desa Pasir, dimana tempat tersebut sudah di persiapkan sebelumya. Para warga datang dengan membawa setengkok atau senampan makanan hasil bumi baik yang masih asli dari bumi atau yang sudah di olah menjadi aneka ragam makanan.
     Tradisi sedekah bumi ini dilakukan bertujuan untuk mengajak masyarakat diantaranya agar masyarakat Desa Pasir selalu melestarikan, mempertahankan dan mengembangkan tradisi dan budaya, membangun kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap sejarah peninggalan tradisi dan budaya nenek moyang, membangun hubungan baik/kecintaan masyarakat terhadap kelestarian alam semesta dan juga membangun rasa kebersamaan.
     Tradisi sedekah bumi ini bermaksud sebagai wujud rasa bersyukur atas semua nikmat dan rezeki yang diberikan oleh sang pencipta jagad raya kepada mereka. Selain membaca Do’a kepada sang pencipta agar tetap melimpahkan rahmatnya tujuan sedekah bumi ini adalah agar menjaga rasa kebersaman antar anggota masyarakat, Selesai berdoa dan ramah tamah mereka menikmati lezatnya  masakan dari hasil bumi secara bersama-sama tetapi adapula yang saling tukar-menukar bawaanya ke pada warga lainya.
     Tradisi ini tidak diharuskan kepada setiap warga Desa yang kondisinya tidak bisa dipaksa tetapi bagi mereka yang mempunyai Ladang, Kebun, Beternak dll sangatlah diharuskan untuk bersedekah bumi. Selain acara tersebut, warga juga bisa menikmati hiburan pagelaran wayang  dengan Lakon “Batok Bolu Madu” dimana hiburan tersebut sudah bisa di nikmati mulai nanti jam 20.00 WIB hingga semalaman suntuk.

Sumber: sendiri

0 komentar:

Posting Komentar