Minggu, 19 Februari 2017

Chelsea vs MU di Piala FA, Ini 5 Momen Bersejarahnya

Chelsea vs MU di Piala FA, Ini 5 Momen Bersejarahnya

Chelsea vs MU di Piala FA, Ini 5 Momen Bersejarahnya
Chelsea dan Manchester United akan saling bentrok di perempat final Piala FA 2016/2017, 11 Maret mendatang. Foto/Dok. Sky sports
Dua tim elit Liga Primer, Chelsea dan Manchester United, akan saling baku hantam di perempat final Piala FA 2016/2017, 11 Maret mendatang. Ini bukan kali pertama kedua tim saling gelut di kompetisi tertua Britania Raya tersebut.

Chelsea lebih dulu memastikan lolos ke babak delapan besar dengan menyingkirkan Wolverhampton Wanderers 2-0, Minggu (19/2) lalu. Sehari berselang, giliran The Red Devils yang melaju dengan menekuk Blackburn Rovers 2-1.

Pertemuan di Stamford Bridge nanti jadi bentrokan kesepuluh Chelsea dan MU di Piala FA. Rekor pertemuan sejauh ini masih dikuasai Setan Merah dengan merebut tujuh kemenangan dari sembilan pertemuan terakhir.

Tapi, tim Biru London sukses menyabet dua kemenangan di dua pertemuan terakhir. Pertama ketika juara pada musim 2007, dan yang terakhir ketika menyingkirkan MU di perempat final tahun 2013 lalu.

Seperti dilansir Sportskeeda, ada beberapa momen menarik ketika Chelsea dan MU jumpa di Piala FA. Berikut SINDOnews coba rangkum lima pertemuan kedua tim di Piala FA yang paling dikenang.

1. Final Piala FA 1994

Final Piala FA 1994 yang berlangsung di Wembley Stadium, 14 Mei 1994, jadi salah satu partai Chelsea vs MU yang paling dikenal. Ketika itu, The Red Devils menang telak dengan skor 4-0.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, MU mengamuk di babak kedua. Eric Cantona memborong dua gol lewat titik putih, ditambah sepasang gol yang disumbang masing-masing oleh Mark Hughes dan Brian McClair. Kemenangan telak membuat tim asuhan Sir Alex Ferguson mengemas dua trofi di musim itu.

2. Babak Ketiga Piala FA 1998
Di babak ketiga Piala FA 1998, 4 Januari 1998, status tuan rumah tak menguntungkan Chelsea. Menghadapi Manchester United, The Blues menyerah dengan skor 3-5.

Di babak pertama, Chelsea langsung tertinggal 3-0 setelah David Beckham menjebol gawang Chelsea dua kali dan Andrew Cole mencetak satu gol. Di babak kedua, keunggulan MU melebar jadi 5-0 setelah Cole menambah pundi golnya disusul Teddy Sheringham yang ikut mencatat namanya di papan skor.

Chelsea coba bangkit dan mencetak tiga gol balasan lewat aksi Graeme Le Saux dan sepasang aksi Gianluca Vialli. Tidak ada gol tambahan dan Chelsea pun kandas ketika itu.

3. Perempat Final Piala FA 1999
Semusim berselang, Chelsea dan MU kembali jumpa di perempat final Piala FA, 10 Mei 1999. Setelah bermain imbang tanpa gol di Old Trafford, laga replay digelar di Stamford Bridge.

Bermain di depan pendukung sendiri, lagi-lagi Chelsea kalah dengan skor 0-2. Gol kemenangan MU diborong Dwight Yorke. MU akhirnya juara Piala FA saat itu, yang mana jadi salah satu trofi Treble Winners selain Liga Inggris dan Liga Champions yang juga berhasil diraih.

4. Final Piala FA 2007
Final Piala FA 2007 di Wembley Stadium, 19 Mei 2007, jadi salah satu momen paling diingat pecinta sepak bola. Chelsea kala itu berhasil mengalahkan Manchester United dengan skor tipis 1-0.

Bermain tanpa gol selama 90 menit, kedua tim diprediksi bakal mengakhiri laga dengan adu penalti. Tapi Didier Drogba jadi pahlawan The Blues lewat golnya di menit ke-116. Mendapat sodoran Frank Lampard, pemain Pantai Gading sukses menaklukkan kiper Edwin van Der Saar. Kemenangan itu membuat Chelsea merengkuh trofi Piala FA keempatnya atau yang pertama di bawah asuhan Jose Mourinho.

5. Perempat Final Piala FA 2013
Manchester United bertindak sebagai tuan rumah saat menjamu Chelsea di perempat final Piala FA 2013, 10 Maret 2013. MU sempat di atas angin setelah unggul 2-0 berkat gol Javier Hernandez dan Wayne Rooney.

Chelsea membalas di babak kedua. Masuknya Hazard membuat permainan berubah yang hasilnya The Blues mampu menyamakan kedudukan berkat satu golnya plus aksi Ramires. Skor 2-2 bertahan hingga laga bubar dan pertandingan Replay, Chelsea menang 1-0 lewat gol semata wayang Demba Ba. 

Sumber : https://soccer.sindonews.com/read/1181574/54/chelsea-vs-mu-di-piala-fa-ini-5-momen-bersejarahnya-1487575794/13

0 komentar:

Posting Komentar